Siswa MTsN 1 Model Banda Aceh Raih Medali Emas Pada Ajang OPSI Nasional 2023

Banda Aceh – Perwakilan pelajar MTsN 1 Model Banda Aceh kembali berhasil menorehkan prestasi gemilang tingkat nasional dengan meraih medali emas Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMP/MTs tahun 2023 pada bidang Lomba Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan dan Budaya (IPSKB) . Ajang ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Penobatan Juara OPSI diumumkan pada Jumat (10/11/2023) di Hotel Menara Peninsula, Jakarta Barat.

Kepala MTsN 1 Model Banda Aceh Junaidi IB, S,Ag.,M.Si bersyukur atas prestasi siswanya. “Alhamdulillah, prestasi membanggakan kembali ditorehkan diajang OPSI Nasional. Capaian ini menjadi kebanggan kita di madrasah dan Kementerian Agama Provinsi Aceh,” Syukur Kamad. lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa prestasi nasional di Kemendikbud Ristek ini menunjukkan komitmen Madrasah dalam mempertahankan prestasi dibidang riset setelah kemarin juga telah meraih juara II Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) tingkat nasional dan Medali Perak pada ajang Madrasah Young Research Super Champ pada Tahun 2023.
“Atas nama keluarga besar madrasah, kami sampaikan terima kasih kepada ananda Aditya Achmad beserta pembimbing Nurmahni Harahap, M.Pd dan Sakdiah S.Pt beserta pembimbing lainnya yang tiada lelah melayani di semua tahapan kompetisi yang dilalui,” sambungnya.

Untuk meraih medali OPSI, lanjut mahni, siswa MTsN 1 Banda Aceh ditahap awal harus bersaing dengan sekitar 6600 (enam ribu enam ratus) peserta dari berbagai wilayah di Indonesia hingga tersaring menjadi 100 (seratus) team finalis tingkat nasional. Alhamdulillah Siswa MTsN 1 Banda Aceh berhasil meraih salah satu medali emasnya melalui tulisan berjudul “Potensi Pengembangan Situs Warisan Geologi dan Peninggalan Dampak Tsunami sebagai Geowisata Tsunami Aceh”. lebih lanjut dia berharap semua siswanya juga mampu meraih prestasi membanggakan bagi Aceh dan Indonesia pada ajang membanggakan lainnya. “Prestasi ini tidak terlepas dari kolaborasi dan Kerjasama yang baik dari seluruh keluarga besar MTsN 1 Model Banda Aceh dan semua pihak yang telah membantu,” ucapnya.

OPSI 2023 berlangsung melalui sejumlah tahapan. Sosialisasi dilakukan pada 13 Maret 2023. Selanjutnya, pendaftaran dan pengunggahan proposal penelitian : 20 Maret – 30 April 2023, dan seleksi administrasi peserta 1-5 Mei 2023.

Review proposal penelitian dilakukan 8 – 12 Mei 2023. Penyampaian hasil review proposal penelitian, 18 Mei 2023, dan pelaksanaan penelitian: 18 Mei – 30 September 2023. Tahap selanjutnya adalah pengunggahan laporan hasil penelitian, 15 – 30 September 2023.
Dan Penilaian Naskah Penelitian berlangsung dari 9 – 14 Oktober 2023. Pengumuman finalis OPSI: 20 Oktober 2023. Seleksi wawancara dan Pengumuman hasil penelitian : 6 – 11 November 2023[]*

 102 total views,  1 views today

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.