MTs S As’adiyah Sulawesi Selatan Juarai KTI Even Marssal-9

Banda Aceh – Event madrasah for religion, science, sport, art & language (marssal) ke-9 MTsN 1 Model Banda Aceh yang digelar sejak tanggal 7 s.d 11 Maret 2023 telah usai

Event unggulan tahunan madrasah tersebut yang memperlombakan 19 cabang tingkat MI/SD dan 9 cabang tingkat MTs/SMP ditutup, Sabtu(11/03/2023)

Cabang KTI (Karya Tulis Ilmiah) diperlombakan secara virtual diikuti 28 tim MTs/SMP se Indonesia, dari luar Aceh, ada Jambi, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, dan Jakarta.

Koordinator riset sekaligus pj.lomba Nurmahni Harahap, M.Pd mengucapkan selamat kepada para pemenang “pada prinsipnya semuanya terbaik diantara yang baik dengan judul karya tulis ilmiah yang mereka presentasikan”,ujar mahni hal yang sama juga diutarakan dewan juri Dr. Cut Maitrianti, S.Pd.I., M.A dan Samsul Kamal, S.Pd, M.Pd keduanya merupakan Dosen UIN Arraniry-Banda Aceh

Dari 28 tim yang telah mendaftar pada cabang KTI, 12 berhasil masuk final dan sebanyak enam judul jenjang MTs/SMP se indonesia berhasil memenangkan juara masing-masing juara 1 diperoleh MTsS. As’adiyah puteri i pusat sengkang. Provinsi Sulawesi Selatan.

Judul yang dipresentasikan “Rancangan bangun apartemen ikan sapu-sapu sebagai alternatif penanggulangan ikan invasif” dipresentasikan oleh Nur ainun, Andi Aqila Az-zahra dan Nelsa Salsabila Jaya

Sedangkan juara 2 diraih SMP Negeri 4 Banda Aceh. Provinsi Aceh dengan judul “Kemampuan daun ruku-ruku (Ocimum tenuiflorum L.) sebagai inhibitor alami pada daging sapi selama penyimpanan” dipresentasikan oleh Indah Fairuz, Fachrizar dan Mirna Rembulan.

Juara 3 SMP Negeri 3 Pontianak. Provinsi Kalimantan Barat dengan judul “Pemanfaatan kulit buah mengkudu (Morinda citrifolia) sebagai antifeedant terhadap hama daun terong (Epilachna sparsa)” dipresentasikan oleh Irvingia Anindita Widyaputri, dan Mutiara Evelyn

Seterusnya juara harapan 1 didapatkan oleh MTsN 2 Pidie Jaya. Provinsi Aceh, harapan 2 diperoleh Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Malang. Provinsi Jawa Timur, harapan 3 SMP Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi Kota Jambi. Provinsi Jambi,”

Mahni menjelaskan tujuan dari lomba ini untuk mengembangkan kecerdasan intelektual dalam melakukan analisis emosional dalam melakukan riset dengan menghubungkan hasil riset dengan teori ilmiah serta penelitian yang relevan pada siswa tingkat MTs/SMP.

Disamping kemampuan literasi serta menciptakaan budaya riset pada siswa. Seluruh pemenang mendapatkan uang pembinaan, sertifikat serta piala yang akan dikirimkan ke sekolah/madrasah masing-masing.

Kepala MTsN 1 model Banda Aceh Junaidi Ibas, S.Ag.,M.Si menambahkan dari banyaknya peserta 28 tim yang ikut partisipasi menandakan siswa tingkat MTs/SMP se Indonesia mampu dan siap berkompetisi untuk meraih prestasi tingkat nasional yang dapat membanggakan orang tua, sekolah/madrasah dan mengharumkan Provinsi” semoga prestasi ini dapat berlanjut pada jenjang selanjutnya”, ujarnya.

 121 total views,  1 views today

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.