Kemenag Banda Aceh Gelar KSM Provinsi, Dipusatkan di Laboratorium Komputer MTsN 1

IMG-20210920-WA0044 Banda Aceh – Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh dan Kementerian Agama Aceh Besar,Minggu 19 September 2021 melaksanakan tes Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Aceh tahun 2021.

Kakankemenag Banda Aceh Drs.H.Asy’ari M. Si ketika melakukan monitoring yang  berharap agar peserta dapat memperoleh hasil yang maksimal agar dapat mewakili Aceh ke tingkat nasional, dan dapat menjadi indikator mutu pendidikan.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh besar H. Abrar Zym S.Ag, MH mengemukakan bahwa para peserta sudah mempersiapkan diri secara maksimal agar dapat memperoleh juara yang bisa bersaing sampai ke tingkat nasional.

Pada kesempatan yang sama Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Dr. Qadriyah M.Pd berharap agar melalui KSM dapat memberikan pemetaan terhadap kemampuan siswa dalam integrasi sains dengan khazanah keilmuan islam sekaligus literasi Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar Suryadi S. Ag mengemukakan panitia sudah mempersiapkan semua sarana yang dibutuhkan dan siswa juga  sudah mempersiapkan diri dengan melaksanakan Training Center (TC) sejak beberapa waktu lalu.

KSM ini merupakan ajang lomba kompetensi akademik bidang sains di kalangan siswa secara rutin diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

KSM bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Peserta KSM ini adalah siswa madrasah dan siswa sekolah di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. KSM ini akan dilaksakan selama 2 hari dan memperlombakan 11 mata pelajaran untuk jenjang MI/SD, MTS/SMP dan MA/SMA.

Mata pelajaran yg diperlombakan untuk jenjang MA adalah Matematika terintegrasi, Fisika terintegrasi, Kimia terintegrasi, Biologi terintegrasi, Geografi terintegrasi, Ekonomi terintegrasi.

Sedangkan mata pelajaran yang di perlombakan untuk jenjang MTS adalah Matematika terintegrasi, IPA terpadu terintegrasi dan IPS terintegrasi, sedangkan mata pelajaran yang diperlombakan untuk jenjang MI adalah Matematika terintegrasi dan IPA terintegrasi.

Tes KSM tingkat Provinsi tahun 2021 ini dilaksanakan secara online dan di gelar secara serentak di seluruh Provinsi di Indonesia.

Peserta KSM berjumlah 66 siswa yang terdiri dari 33 siswa dari kota Banda Aceh dan 33 siswa dari Kabupaten Aceh Besar, dimana peserta ini merupakan juara 1,2 dan 3 masing-masing jenjang dan bidang studi dari KSM tingkat kabupaten/kota yang dilaksanakan pertengahan Agustus lalu.[]

Berita : kanwil kemenag aceh

 481 total views,  1 views today

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.